Liburan Ke Lombok Yuk, Ada 11 Tempat Di Lombok Yang Sangat Indah

Banyak sekali tempat-tempat indah dan menarik di Lombok yang tak sabar untuk kami diceritakan.

Beberapa di antaranya bahkan belum pernah Anda dengar sebelumnya sama sekali.

Mungkin selama ini yang Anda ketahui hanyalah Kepulauan Gili yang menyerupai kepingan surga, atau Gunung Rinjani – sebuah gunung berapi aktif yang sangat menantang untuk didaki. Tahukah Anda di Lombok ada sebuah pantai yang menyerupai planet asing dan pantai dengan pasir berwarna pink alias merah jambu?

Kalau ingin mencari tempat liburan favorit lain selain Bali, maka Lombok adalah sebuah destinasi tak terduga yang layak untuk diperhitungkan.

1. Hamparan padang savanna di pinggir tebing: Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Anda pasti akan bertanya-tanya apakah tempat seindah ini benar-benar ada di Indonesia?

Photo via zoeraa

Perpaduan hamparan padang savana yang membentang hijau, birunya Samudera Hindia yang tak terbatas, serta tebing karang yang berlapis-lapis berwarna keemasan membuat Anda seolah-olah sedang berada di benua lain!

Surga tersembunyi ini bisa Anda temukan di Kecamatan Jerowaru yang terkenal akan sejuta pesona wisata nan memukau.

Photo via Lombok Travel Buddy

Untuk menuju ke sini Anda harus melalui ladang jagung dan bebatuan terjal. Namun semua usaha tersebut langsung terbayar lunas begitu melihat kemegahan alam yang ada di baliknya.

Karena sulit dicapai, tempat ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga kondisinya masih tergolong perawan. Untuk menuju ke sini sebaiknya menggunakan sepeda motor dan jangan ragu untuk bertanya kepada warga setempat.

2. Kagumi pemandangan Gunung Rinjani yang megah : Taman Wisata Pusuk Sembalun

Ingin melihat pemandangan megah Gunung Rinjani di antara kabut dan awan tanpa harus mendaki?

Datanglah ke Taman Wisata Pusuk Sembalun, di mana Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan yang menakjubkan tanpa aktivitas fisik, pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.

Meski perjalanan ke atas cukup berangin, Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang indah, perbukitan, sawah dan kebun stroberi di sepanjang jalan. Begitu sampai di sana, Anda bisa beristirahat dan menikmati pemandangan indah dari gazebo.

Jika Anda membawa makanan untuk piknik, pastikan untuk menjaganya dari tangan jahil monyet liar di sini!

3. Serasa berada di planet lain: Pantai Semeti

Pernah menonton film Superman? Ya, suasana di sekitar pantai ini mirip sekilas mirip sekali dengan Planet Krypton?

Formasi bebatuan dan karang di sekelilingnya meruncing dan berlapis-lapis layaknya dinding kristal yang terdapat di Panet Krypton. Itulah mengapa pantai ini juga dijuluki Pantai Krypton.

Bahkan ada beberapa formasi karang yang bentuknya menyerupai piramida yang mencuat dari permukaan air laut.

Jalur menuju ke sini cukup terjal dan berliku, jadi kenakanlah alas kaki anti selip, karena Anda juga harus melewati tebing karang setinggi 20 meter.Dan di balik tebing karang itulah fenomena alam Pantai Semeti yang lain daripada yang lain berada.

4. Terjangan ombak yang menantang: Tanjung Poki

Meskipun asik mengagumi keindahan alam di sekitar Tanjung Poki, Anda tetap harus waspada akan hempasan ombak yang begitu besar. Bahkan saking besarnya, hempasan yang dihasilkan bisa mencapai ketinggan 10 meter ke udara!.Di sekeliling pantai ini juga terdapat tebing-tebing karang yang seru untuk foto-foto.

5. ‘Air terjun’ di tepi laut: Pantai Nambung

Fenomena alam yang cukup unik ini tercipta akibat ombak besar yang menghempas ke dinding batu karang lalu mengucur jatuh kembali ke laut layaknya air terjun.

Untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik, Anda harus menyusuri bagian bawah tebing. Jadi bersiaplah untuk membawa tas kedap air karena Anda akan berjalan melewati ombak besar.

Kalau tertarik ingin berselancar, jangan lupa untuk bawa sendiri perlengkapannya karena di sini tak tersedia penyewaan. Perairan di sekitar pantai ini juga sangat jernih sehingga asik untuk berenang.

Tapi ingat, di sini belum ada fasilitas penunjang seperti toilet umum

6. Monumen alam yang yang berdiri kokoh di tepi pantai: Batu Payung, Tanjung Aan

Keberadaan batu menyerupai menara ini terlihat sangat mencolok dibandingkan dengan sekitarnya.

Dari arah tertentu malah tampak seperti jari raksasa yang teracung ke angkasa.

Rasanya tak mungkin untuk tak menengok saat melihat formasi alam yang luar biasa ini. Uniknya, jika dilihat dari arah berbeda, maka bentuknya pun akan ikut berubah pula. Bahkan dari satu sisi wujudnya akan menyerupai profil wajah manusia.

Batu ini bisa Anda jumpai sekitar 1 kilometer di sebelah timur Tanjung Aan. Sepanjang perjalanan ke sana Anda dapat melihat pemandangan tebing-tebing tinggi yang dihuni oleh burung-burung dan kelelawar.

7. Pantai Tanjung Bloam

Di selatan Lombok terdapat sebuah pantai yang masih jarang terjamah oleh pelancong, yaitu Pantai Tanjung Bloam

Daya tarik utama dari pantai berpasir putih ini adalah batu-batu karang yang ada di sekitarnya, termasuk dua buah tebing karang yang mencuat dan mengapitnya. Kontrasnya warna hitam dari bebatuan, dan warna keemasan dari tebing berpadu dengan birunya laut menghasilkan sebuah komposisi yang sungguh menawan.

 

Ombak di Pantai Tanjung Bloam termasuk besar, jadi cukup berisiko untuk direnangi atau untuk selancar.

Selain bersantai di pinggir pantai, aktivitas seru lainnya adalah fotografi atau menyusuri garis pantainya yang berbatu-batu. Tapi jangan lupa untuk mengenakan alas kaki anti selip dan simpan barang bawaan Anda dalam wadah kedap air.

Oh ya, karena di sini juga merupakan kawasan konservasi penyu, kalau beruntung Anda bisa melihat mereka sedang merapat ke daratan!

8. Pink Beach/Pantai Tangsi

nda pasti selama ini menduga kalau Pink Beach atau Pantai Pink hanya terdapat di Nusa Tenggara Timur saja, kan? Pantai Pink ini adalah satu dari tujuh pantai di dunia dengan pasir berwarna pink (yang dua di antaranya ada di Indonesia!).

Sebelum dikenal dengan Pantai Pink, masyarakat menyebutnya Pantai Tangsi. Disebut Pantai Pink karena pasir pantai ini terdiri dari campuran antara pasir putih dan pasir merah yang berasal koral serta pecahan cangkang organisme laut foraminifera yang berwarna kemerahan.

Waktu paling pas untuk mengunjungi pantai yang tampak seperti dunia Barbie ini adalah dari pagi pukul 08.00 sampai petang sekitar pukul 16.00. Saat itulah bias sinar matahari memantulkan warna merah jambu yang begitu cerah dan cantik.

Akses menuju ke pantai ini ada dua cara, yaitu melalui jalan darat (melalui jalanan yang rusak dan berlubang) atau lewat laut dengan menyewa perahu di pelabuhan Tanjung Luar.

Karena lokasi ini belum dikembangkan secara maksimal, maka fasilitas penunjangnya seperti warung, toilet, maupun penginapan pun nyaris tak ada.

9. Surga tersembunyi di Torean: Spot Pandang Air Terjun Penimbungan

Apakah Anda sudah merencanakan liburan dengan mendaki Gunung Rinjani? Jika iya, pastikan menambahkan kunjungan ke spot pandang Air Terjun Penimbungan ke dalam perjalanan Anda.

Meskipun mencapai puncak Rinjani saat matahari terbit adalah tujuan akhir Anda, pemandangan Air terjun Penimbungan dari pintu masuk Torean juga nggak kalah kok dengan keindahan Rinjani.

Jalur dari Torean adalah jalan yang jarang dilalui jika dibandingkan dengan pintu masuk Sembalun dan Senaru dalam perjalanan mendaki Rinjani. Bahkan nama Air Terjun Penimbungan sendiri belum banyak yang pernah mendengarnya.

Setelah menempuh pendakian selama 2 jam dari pintu masuk Torean, Anda akan mencapai spot sempurna untuk menyaksikan air terjun setinggi 75 meter ini. Pemandangan di sekitarnya begitu liar dan alami, persis seperti di masa prasejarah. Jangan kaget kalau tiba-tiba Anda membayangkan ada dinosaurus di sini!

 

 

 

 

 

10.  Air Terjun Mangku Sakti

Ibarat pahatan indah karya maestro ternama, struktur dan formasi bebatuan yang ada di air terjun ini benar-benar mengesankan.

Formasi unik menyerupai ngarai tersebut terbentuk secara alami akibat aliran air yang terus-menerus melewatinya.

Air yang berhulu di Danau Segara Anak (Gunung Rinjani) tersebut tampak sedikit keruh seperti susu karena kandungan belerang yang diyakini ampuh menyembuhkan berbagai gangguan kulit.

11. Tirai air nan indah: Air Terjun Benang Kelambu

Sesuai namanya, air terjun ini memang unik dan lain daripada air terjun lain umum Anda jumpai. Aliran air yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung terhempas ke bawah, melainkan melewati celah-celah tanaman merambat yang tumbuh lebat di tebing sehingga tampak bagai kelambu atau tirai yang menggantung di udara.

Jalan menuju air terjun ini memang sudah beraspal, namun sayang kondisinya kurang bagus. Sepanjang perjalanan Anda akan melalui jalan pedesaan yang sedikit berliku dan naik turun dengan hamparan sawah di kiri kanan.

Sebelum tiba di lokasi air terjun yang airnya bersumber dari Danau Segara Anak, Gunung Rinjani ini Anda bakal memasuki kawasan perkebunan kopi dan coklat dengan udara pegunungan yang sejuk.

Konon, menurut cerita yang diyakini warga setempat, jika mandi di air terjun ini Anda bisa terbebas dari segala macam penyakit dan juga awet muda!

Puas dari sini, jangan langsung pulang. Anda bisa mampir sejenak ke Air Terjun Benang Stokel yang berjarak 500 meter atau sekitar 30 menit perjalanan.

Nah Jika ingin ke Lombok cari spot spot yang baru,karena Lombok banyak memiliki pantai yang indah,Air terjun, alam pegunungan yang sangat indah dan hijau.

Bahan di sadur dari https://indonesia.tripcanvas.co

 

 

Leave a Reply